Pemrograman Socket


Pemrograman Jaringan (Pemrograman Socket)
Pada kali ini saya memberikan tutorial cara mengetahui IP Address, mengetahui Host Name, mengetahui Host Name melalui IP Address, mengetahui IP Address melalui Host Name, Server Client, dan Data Sever Client. Untuk dapat mengerjakan tutorial tersebut, anda dapat mengerjakan koding (sorce kode) di notepad, edit plus, atau editor lainnya. Kemudian koding tersebut di save sesuai program yang akan dibahas.

Pemrograman Jaringan (Demo D1-1) Mendapatkan IP Address
Pada tutorial Demo D1-1 untuk mengetahui IP address computer/pc/laptop yang anda gunakan, ketikkan pada program editor seperti notepad atau edit plus. Setelah di ketik, kemudian di save dengan nama file getIP2.java. Berikut ini adalah koding program untuk mendapatkan IP Address:

getIP2.java

Kemudian untuk mendapatkan IP Address, anda buka command prompt. Bisa di cari pada menu search. Command prompt digunakan untuk mengkompilasikan koding yang telah dibuat dengan nama getIP2.java. Untuk dapat hasil IP Address tersebut di command prompt masuk kedalam folder java\jdk1.6.0_05\bin. Jadi berada di bin pada program java.

Mendapatkan IP Address

Pada command prompt tersebut javac getIP2.java adalah kompilasi program, kemudian java getIP2 adalah running program.

Pada commant diatas terdapat dua IP Address, IP Address yang pertama, yaitu yang lingkaran pertama adalah IP Address ketika computer (PC) terhubung dengan internet. IP tersebut adalah 10.27.20.103. Kemudian IP Adress yang yang lingkaran kedua adalah IP Address yang tidak terhubung dengan internet. IP Address tersebut adalah 192.168.1.3.

Pemrograman Jaringan (Demo D1-2) Mendapatkan Nama Komputer (PC)
Pada Demo D1-2 untuk mengetahui nama computer yang anda gunakan. Ketikkan koding berikut ini pada notepad atau edit plus, kemudian save dengan nama file getName.java. Berikut ini koding program getName.java

getName.java

Setelah anda mengetikkan koding tersebut pada editor, kemudian di compile dan di running menggunakan command prompt. Berikut ini hasil dari command prompt.

acer-PC

Saat mengkompile dan merunning harus berada di folder java\jdk\bin. Jadi saat dijalankan, maka proses yang dikerjakan adalah java. Untuk mengkompile menggunakan perintah javac getName.java. kemudian untuk merunning menggunakan perintah java getName. Dari hasil output tersebut, anda dapat mengetahui bahwa nama computer yang anda gunakan adalah acer-PC.

Pemrograman Jaringan (Demo D1-3) Mendapatkan Nama Komputer (PC) dengan Memasukan IP Address
Pada Demo D1-3 untuk mengetahui nama computer yang anda gunakan dengan memasukan IP Address computer yang anda gunakan. Ketikkan koding berikut ini pada notepad atau edit plus, kemudian save dengan nama file IPtoName.java. Berikut ini koding program IPtoName.java.

IPtoName.java

Setelah anda mengetik koding program tersebut, kemudian buka command prompt untuk kompilasi dan running, agar anda mendapatkan nama computer yang anda gunakan.

acer-PC

Untuk mengkompile pada command prompt menggunakan perintah javac [nama file].java, yaitu javac IPtoName.java. Kemudian untuk merunning menggunakan perintah java [nama file]. Sehingga pada command prompt anda ketikkan java IPtoName. Saat anda merunning diminta memasukan IP Address anda. Pada lingkaran pertama adalah hasil nama computer anda yang benar, yaitu dengan nama acer-PC. Untuk lingkaran yang kedua adalah hasil dengan nama IP Address yang salah. Jadi, apabila anda memasukan IP Address yang salah atau yang tidak sesuai dengan IP Address yang asli, maka saat di running tidak akan muncul nama computer yang anda gunakan.

Pemrograman Jaringan (Demo D1-4) Mendapatkan IP Address dengan Menggunakan Nama Komputer (PC)
Pada Demo D1-4 untuk mengetahui IP Address yang anda gunakan dengan memasukan nama computer yang anda gunakan. Ketikkan koding berikut ini pada notepad atau edit plus, kemudian save dengan nama file NsLookup.java. Berikut ini koding program NsLookup.java.

NsLookup.java

Buka command prompt, kemudian compile dengan nama javac NsLookup.java, setelah di compile, kemudian anda running dengan perintah java NsLookup acer-PC, maka dari nama computer (PC) yang anda gunakan akan muncul IP Address computer tersebut. IP Address computer tersebut adalah 192.168.1.3. Berikut ini adalah hasil compile dan hasil running di command prompt.

IP Address

Pemrograman Jaringan (Demo D1-5) Client Server
Pada Demo D1-5 untuk membuat aplikasi client server. Server disini hanya menerima permintaan koneksi hanya satu client. Hal tersebut terjadi dengan adanya soket server. Jadi ada interaksi antara client dengan server, tujuannya untuk mengetahui dapat berfungsi atau tidaknya client sever ini. Ketikkan koding berikut ini pada notepad atau edit plus, kemudian save dengan nama file simpleServer.java. Berikut ini koding program simpleServer.java.
Koding berikut ini digunakan untuk anda sebagai server:

simpleServer.java bagian a

simpleServer.java bagian b

Sedangkan koding berikut ini digunakan untuk anda yang sebagai client. Untuk client menggunakan nama file simpleClient.java

simpleClient.java bagian a

simpleClient.java bagian b

Setelah koding dibuat, anda masuk kedalam command prompt, kemudian masuk kedalam folder java/jdk/bin. Di dalam folder tersebut anda compile. Untuk server menggunakan nama javac simpleServer.java untuk kompilasinya, sedangkan untuk compile client menggunakan javac simpleClient.java. setelah di compile, anda yang sebagai server cara running adalah java simpleServer. kemudian untuk anda yang sebagai client cara running menggunakan nama java simpleClient. Berikut ini hasilnya.

server

client

Pemrograman Jaringan (Demo D1-6)

Tugas D1-6 adalah mengenai telnet. telnet adalah program sederhana untuk membuka koneksi ke suatu soket. telnet membutuhkan akses jaringan internet. Jadi yang pertama disiapkan adalah koneksi internet terlebih dahulu. Setelah internet terhubung, baru jalankan program telnet & buka koneksi soket ke computer. Untuk melakukan membuka koneksi ketikan script seperti listing diatas.

Setelah koneksi soket tersambung, ketikan script diatas yang pertama HELO. Kemudian ketikan alamat email pribadi seperti contoh diatas. Jika koneksi soket berhasil maka tuliskan script SUBJECT yang berisi pesan percobaan kirim email. Jika sudah selesai jangan lupa beri tanda titik setelah pesan bye.
Setelah selesai, kita bisa cek email masing-masing apakah ada email yang masuk atau tidak.

Pemrograman Jaringan (Demo D1-7) Informasi Data Pegawai
Pada tutorial Demo D1-7 untuk memberikan informasi data pegawai, data pegawai ini dikirim dari client ke sever melalui socket. Ketikkan pada program editor seperti notepad atau edit plus. Setelah di ketik, kemudian di save dengan nama file staff.java.

staff.java

Kemudian untuk informasi data pegawai di server menggunakan kode program berikut ini. Dengan nama file ObjectServer.java

ObjectServer.java

Selanjutnya untuk client dengan nama file ObjectClient.java

ObjectClient.java

Kemudian compile dan running di command prompt, ketik javac [namafile].java untuk mengkompilasi program. kemudian ketik java [namafile] untuk me-running program tersebut. Sehingga saat compile menjadi javac ObjectServer.java dan javac ObjectClient.java. Dan saat running menjadi java ObjectServer dan java ObjectClient.

ObjectServer

ObjectClient

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: