web e-commerce (target market, produk, price, place)


Pada kesempatan yang lalu saya memberikan informasi bagaimana cara membuat ide usaha yang baik dan benar, agar para pengusaha tidak mengalami kerugian atau bangkrut. Ide usaha tersebut sifatnya masih angan-angan, tujuannya agar pengusaha tidak asal membuat usaha. Untuk kali ini saya memuat tentang usaha yang sukses di e-commerce. E-commerce itu sendiri adalah segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. E-commerce itu sendiri sekarang lebih trend dengan menjual barang di internet. Dengan cara menampilkan barang dengan spesifikasinya, kemudian menyertakan harga dan cara pembeliannya.

Situs e-commerce kini semakin banyak di Indonesia, tentu ini kabar baik bagi para netter yang sehari-hari menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer karena tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Situs e-commerce di Indonesia diprediksi oleh banyak pengamat bahwa akan mengalami kemajuan yang pesat. Situs e-commerce kini menjadi pilihan bagi masayarakat karena kenyamanannya, artinya tidak perlu keluar ke pusat pertokoan, barang sudah bisa dibeli dan langsung diantar ke rumah. Situs e-commerce menjual barang yang bermacam-macam, mulai dari perangkat elektronik, gadget, buku, produk fashion, hingga voucher diskon.

Dalam situs e-commerce tersebut, Anda bisa berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja Anda mau. Apabila Anda berniat untuk berbelanja secara online, biasanya Anda harus membuat akun dulu pada situs e-commerce yang bersangkutan. Karena seluruh barang belanjaan harus masuk dalam cart terlebih dulu, baru selanjutnya dibayar dan dikirim.

Dari usaha dalam bidang e-commerce yang maju pesat , saya mengambil contoh http://www.bhinneka.com, website tersebut bergerak dibidang e-commerce.

Pada website bhineka.com ini para pembeli tidak harus datang ke toko bhineka, tetapi para pelanggan bisa bertransaksi melalui internet. Karena toko tersebut menyediakan layanan penjualan bukan hanya di toko, melainkan melalui internet. Untuk target market toko bhineka adalah segala umur, bisa anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Karena di toko tersebut banyak barang yang dijual. Produk barang-barang yang dijual adalah barang-barang elektronik, seperti laptop, kamera, kulkas, tv, dll.

Untuk harga atau price di toko bhineka cukup murah, harga di toko bhineka menjadi titik acuan harga bagi para pembeli, karena bandrol harga yang diberikan sesuai dengan harga distributor. Walaupun harga distributor tetapi barang-barang elektronik yang dijual mempunyai garansi resmi dari masing-masing merk barang-barang elektronik tersebut.

Sedangkan untuk tempat, toko bhineka ini mempunyai tempat pemasaran yang cukup bagus, yaitu berada di pusat kota, berada di mall-mall besar. Toko tersebut berada di banyak mall, diantaranya mangga dua mall, cibubur junction, ratu plaza, ambassador mall, dan sebagainya. Dengan toko yang berada di tempat yang strategis dan membuka penjualan secara online, maka memudahkan para pembeli untuk membeli suatu barang dengan berbagai kemudahan yang diterima oleh para calon pembeli.

Sekian pembahasan tentang web e-commerce, sampai juga di pembahasan berikutnya. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat.

— Salam Blogger —

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: