Ide Usaha (target market, produk, price, place)


Pada kali ini saya membahas tentang bagaimana menentukan usaha yang baik untuk digeluti para pengusaha. Tentunya pengusaha tidak asal membuat usaha saja, hal pertama yang harus dipikirkan adalah usaha apa yang akan digeluti. Oleh sebab itu saya berusaha membagi informasi cara memilih usaha yang baik dan benar.

Sebelum kita membuat usaha, hal yang harus dilakukan adalah membuat ide usahanya, kemudian target market usaha yang kita buat, produk dalam usaha tersebut, harga produk untuk usahanya, kemudian tempat usaha atau tempat pendistribusian produk tersebut. Ke lima hal tersebut sangat penting untuk mensukseskan usaha yang kita buat, sehingga tidak mempunyai kesan asal-asalan dalam membuat usaha.

Saat kita usaha walaupun itu hanyalah usaha kecil, ide kreatif adalah hal yang sangat diperlukan untuk dapat bertahan atau bahkan mengalahkan saingan kita. Sebuah ide tidak perlu adalah penemuan besar seperti rumus relativitas einstein. Cukup dengan hal sederhana yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Untuk membuat usaha sesuai dengan keinginan, maka alangkah bagus apabila menjadikan hobi sebagai ide usaha. Dengan demikian, kita sebagai pengusaha mempunyai motivasi lebih agar usaha yang kita lakukan berhasil dan maju pesat. Karena melakukan sesuatu yang menjadi kegemaran atau hobi tentulah sebuah aktivitas yang menyenangkan, menggembirakan, serta sesuatu yang mengasyikan. Tapi terkadang melakukan suatu aktivitas yang merupakan sebuah hobi, sering melalaikan kita dari pekerjaan-pekerjaan lainnya yang seharusnya menjadi prioritas utama, atau bahkan malah menghambur-hamburkan uang. supaya hobi kita itu bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, disamping sekedar menghibur dan menyenangkan diri apalagi sampai melalaikan, bagaimana jika hobi itu kita jadikan sebagai lahan usaha untuk menambah penghasilan?

bukankah lebih bisa menyenangkan, menggembirakan, dan mengasyikkan? Sudah hobi kita tersalurkan, malah bisa nambah penghasilan lagi. Jadi bagaimana caranya mengaitkan suatu hobi dengan penghasilan, atau ide usaha apakah yang bisa tercipta dari sebuah hobi?

• Pertama, kenali keinginan-keinginan dan kegemaran-kegemaran (hobi) Anda sesungguhnya, supaya nanti usaha yang Anda jalani tidak terputus di tengah jalan akibat Anda kurang begitu menyukainya.

• Kedua, pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi Anda tersebut.

• Ketiga, buat peta pikiran (mind-map) keterkaitan hobi Anda dengan usaha yang akan dijalankan.

• Keempat, segera buat rencana usaha yang benar-benar sesuai untuk dijalani

• Kelima, segeralah memulainya, sertai berdoa.

Salah satu contoh, saya hobi makan. Agar hobi saya bermanfaat, maka saya membuat ide usaha membuka restaurant. Karena dengan membuat usaha restaurant target market usaha yang saya buat mencakup segala umur. Baik itu anak-anak, dewasa, maupun lanjut usia. Dengan target usaha mencakup semua umur, diharapkan usaha yang saya buat nanti bisa dinikmati oleh anak-anak muda, keluarga, maupun orang tua. Sedangkan produk usaha yang saya buat adalah makanan tradisional. Yaitu berupa makanan kuliner Indonesia. Saya berniat membuka usaha makanan tradisional karena cintanya dengan makanan-makanan yang ada di Indonesia. Harga untuk setiap makanan bervariatif, tetapi diusahakan menjual dengan harga yang semurah mungkin, agar para kuliner dapat kembali ke restaurant yang saya buat. Harga murah bukan berarti kualitas yang buruk. Saya berusaha menjual makanan yang bersih. Sedangkan untuk tempat usaha, saya memilih di pusat kota, atau pinggir jalan. Dengan membuat tempat makan berupa saung-saung, agar mempunyai kesan nyaman dan sejuk. Dengan membuat kriteria tersebut saya berharap usaha yang saya lakukan nanti dapat berjalan dan disukai oleh para kuliner Indonesia.

Dengan membuat usaha kuliner Indonesia, maka saya telah memperkenalkan makanan-makanan khas Indonesia. Dan saya bangga membuat usaha tersebut. Semua orang dapat memikirkan apa yang belum pernah dilakukan orang lain, tapi untuk memikirkan itu berguna atau tidak. Itulah kesulitan tersendiri. Ide usaha kreatif anda bisa dimulai melalui apa yang kita sukai atau hobi yang kita tekuni.

Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda.

— Salam Blogger —

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: