Desain Grafis


Salam bloger,
sekian lama saya tidak menulis di dalam blog ini karena banyaknya kesibukan, sekarang saya ingin membagikan sedikit informasi yang mungkin dapat bermanfaat bagi para pembaca. Pada tema kali ini, saya membahas tentang desain grafis. Dalam dunia IT maupun dunia desain, pasti kata Desain Grafis sudah pasti di kenal. Dan banyak sekali yang sekarang menggunakan desain grafis tersebut. Dimulai untuk keperluan pribadi maupun untuk bisnis penjualan.

Apa pengertian desain grafis ?
sebagian pembaca mungkin hanya mengenal dan mengetahui nama desain grafis saja, tanpa mengetahui apa pengertian desain grafis itu sendiri. secara umum desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

pengertian lainnya adalah Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis itu sendiri adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.

Dibawah ini adalah contoh desain grafis bentuk foto dan baju

Apa itu desainer grafis?
setelah mengetahui desain grafis, tak lengkap kalau tidak mengetahui desainer grafis. Karena tidak akan ada bentuk yang dibuat apabila tidak ada desainer grafis. Orang yang bekerja dalam bidang desain grafis disebut seorang Desainer Grafis. Dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan yaitu :
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika

Para desainer grafis juga mempunyai tipe-tipe tertentu, diantaranya

1. Visual Based Graphic Designer
Tipe yang ini biasanya adalah tipe yang pemula, yang masih belajar dan bereksperimen dengan visual (saya termasuk kedalam tipe ini pada waktu kuliah). Tidak terlalu mementingkan konsep, lebih kepada eksplorasi visual. Bisa juga memang pada dasarnya tipe ini kuat di skill visual nya sehingga pada waktu kerja mereka sangat diandalkan untuk merealisasikan konsep/ide kedalam bentuk visual.

2. Concept Based Graphic Designer
Tipe yang kedua ini adalah master mind, namun biasanya kelemahan nya adalah tidak bisa merealisasikan ide mereka dengan bagus (lemah di visual). Dan bisa juga sebagai tahap kedua dalam perkembangan seorang graphic designer, setelah menguasai visual seiring dengan waktu mereka mulai mempelajari pengembangan ide dan konsep, sehingga tidak hanya visual saja yang bagus namun ada makna dan pesan yang di sampaikan melalui karya nya. (jujur saja saya sekarang sedang ada di dalam tahap ini, akhir-akhir ini lebih sering memikirkan sebuah konsep lebih dulu baru visual)

3. Visual & Concept Based Graphic Designer
Tipe yang terakhir ini yang di idamkan para desainer grafis, konsep bagus, visual bagus. Dan ini merupakan tahap pencapaian (bukan yang terakhir, tapi merupakan suatu level tertentu, karena seorang desainer grafis yang sejati adalah yang mengerti tentang bidang lain baik yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan profesi utamanya). Ada juga yang bisa mencapai tahap/tipe ini dari awal, mereka ini memang mempunyai skill visual dan pengembagan ide yang bagus sejak awal.

Sebenarnya tipe dari desainer grafis bisa lebih dari tiga hal tersebut. Semua itu tergantung anda menanggapinya. Anda juga bisa disebut desainer grafis dan termasuk dalam tipe-tipe desainer. Karena orang bisa disebut desainer grafis tidak hanya membuat hasil desain yang menjual, mahal, dan bagus. Para pemula yang baru belajar desain juga disebut Desainer Grafis.

Struktur Kelompok dan Metode Kerja pada Desain Grafis

Desainer harus dapat memenuhi berbagai peran dalam sebuah pekerjaan, tugas, kegiatan, dan hobby. Mereka dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dalam pekerjaan dan tim kreatif lainnya yang profesional. Setiap desain mempunyai cara, gaya, tujuan, dan pengaruh budaya yang dipadukan oleh masing-masing pendesain. Berikut adalah garis besar lingkungan desainer yang dapat bekerja dalam tim (kelompok).

Dalam praktek desain, seorang desainer mendapatkan sebuah pengalaman yaitu magang di sebuah studio desain dan menyelesaikan sebuah seni perguruan tinggi. Desainer tersebut memilih studio yang menerapkan pertimbangan aspek ukuran, bidang keahlian dan kreativitas dalam menerapkan ilmu desainernya .
Contohnya ; sebuah rancangan besar grup memiliki lebih banyak staff, kantor yang besar, dan pengeluaran yang lebih besar daripada sebuah studio/kantor yang kecil, akan berdampak pada jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Sebuah agen Perusahaan yang besar mungkin meminta bayaran yang cukup besar dibandingkan agen Perusahaan kecil,sedangkan agen Perusahaan kecil mungkin tidak terlalu mampu untuk menangani sebuah project besar.

Namun, beberapa klien cenderung memilih studio yang ukurannya lebih memadai , lebih berpengalaman, terampil, dan reputasinya cocok untuk kebutuhan mereka. Disamping terampil dan kreatif, administratif dan alur kerja manajemen juga perlu dipertimbangkan.

Secara garis besar mtode kerja desain grafis tidak harus kerja di perusahaan besar. Desainer yang belum mempunyai pekerjaan tetap juga bisa melakukan metode kerja. Asal desainer tersebut sudah ahli di bidang tersebut, dan dapat dipertanggung jawabkan atas hasil karyanya. Karena setiap pemohon belum tentu menyukai karya desainer tersebut.

Setelah mengetahui tentang desain grafis, bagi para pembaca yang tertarik dengan ilmu atau bidang tentang desain, beriut ini software-software yang dapat digunakan.

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• Page Maker
• Coreldraw
• GIMP
• Inkscape
• Adobe Freehand
• Adobe image ready
• CorelDraw

Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop

Audiovisual
• Adobe After Effect
• Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Power Director

Rendering 3 Dimensi
• 3D StudioMax
• Maya
• AutoCad
• Google SketchUp
• Light Wave
• Blender

sekian dulu informasi yang dapat saya bagian kepada para pembaca blog saya. Semoga dapat berkenan dan dapat bermanfaat, yang tidak kalah pentingnya dapat mencoba desain grafis. Karena dengan mencoba, maka akan menjadi bisa. Tidak mencoba, pasti tidak akan bisa.

Salam Blogger

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://richardfang.com/3-tipe-desainer-grafis/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: