robotika


 

Robotika, sangat terkenal pada saat ini. Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat. Dan pada jaman sekarang sumber daya manusia mulai meningkat dalam hal teknologi. Khususnya pada bidang IT. Robotika ini salah satu dari perkembangan IT. Berikut adalah beberapa informasi yang saya tahu, dan saya share dengan yang lain untuk bertukar informasi. 

Kata “robot” dari bahasa Ceko artinya “pekerja”. Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik dibawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence). Jadi, robot bisa dibilang rekayasa atau dibuat mirip dengan manusia. Bahkan fisiknya mulai dikerjakan atau semirip mungkin dengan wajah atau fisiknya secara utuh. Dan yang paling penting adalah kecerdasan yang ada pada manusia bisa di bagi ke robot supaya robot tersebut bukan hanya mirip tetapi berdaya guna untuk pembuat dan pemakainya. 

Jika sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium ataupun dimanfaatkan untuk kepentingan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan, saat ini robot telah digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Kegunaan robot itu sendiri untuk dibidang sains, bidang kedokteran, pertanian,dll. Secara sadar atau tidak, saat ini robot telah “masuk” dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis. Ada jenis robot sederhana yang dirancang untuk melakukan kegiatan yang sederhana, mudah dan berulang-ulang, ataupun robot yang diciptakan khusus untuk melakukan sesuatu yang rumit, sehingga dapat berperilaku sangat kompleks dan secara otomatis dapat mengontrol dirinya sendiri sampai batas tertentu. 

Kesimpulan yang dapat saya berikan bahwa robot pada masa depan bukan hal yang aneh lagi apabila semua kegiatan akan berpindah kepada robot, bukan manusia. Namun dampak negatifnya manusia akan menjadi malas, dan akan menjadi banyaknya pengangguran karena perusahaan-perusahaan yang akan datang menggunakan robot. Contoh negara yang sekarang sudah menggunakan robot adalah jepang dan amerika. 

—sekian— 

Firman fujiansyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: